Antikythera Komputer Kuno Pertama Didunia

Hadtech - Antikythera
Antikythera

Hadtech Antikythera Komputer Kuno Pertama Didunia – Sebuah perangkat komputer kuno yang diperkirakan berusia sekitar 2.000 tahun diyakini sebagai komputer analog pertama yang ada dalam sejarah. Perangkat ini ditemukan dalam sebuah bangkai kapal Romawi di lepas pantai kepulauan Antikiythera, Yunani.

Mekanisme Antikythera adalah sebuah kalkulator mekanik yang diyakini sebagai salah satu cikal bakal komputer mekanik di dunia. Arkeolog Valerios Stais pada tahun 1901 menemukan alat ini  di sebuah kapal karam di lepas pantai Antikythera, sebuah pulau di antara Kreta dan Peloponnesos, Yunani.

Umur penggunaan dari alat ini ditelusuri melalui temuan koin yang juga terdapat pada bangkai kapal tersebut. Koin dari Pergamon, diprediksi diciptakan antara 86 dan 67 SM, dan koin dari Efesus, diciptakan antara 70 SM dan 60 SM. Ini artinya kapal tersebut tenggelam antara tahun 70 dan 60 SM.

Perangkat tersebut adalah perangkat paling kompleks yang dikenal di zaman dahulu. Baru pada abad ke-14 manusia memiliki pengetahuan untuk membangun perangkat serupa.

Artefak ini ditemukan pada tahun 1901 yang diduga bagian dari sebuah mesin misterius kompleks dan telah berusia 2,000 tahun, yang dinamai sebagai “Antikythera”.

Kegunaan

Bagian dari mesin yang ditemukan tersebut, berupa gir-gir bergerigi kecil yang saling berkaitan, yang ditemui di dalam suatu bangkai kapal. Selama lebih dari satu abad, banyak ilmuwan tertanya-tanya, apa kegunaan sebenarnya dari mesin yang terlihat kompleks ini?

Pada hari ini, mesin tersebut diteorikan sebagai bagian dari sebuah komputer analog pada masa lalu yang diciptakan oleh peradaban Yunani kuno yang berguna untuk menentukan posisi astronomi, gerhana dan juga penanggalan Olimpic.

Alat ini terdiri dari serangkaian roda gigi yang bekerja serangkai seperti yang terdapat pada jam mekanik. Ada tiga tombol besar dan satu tombol kecil yang juga melengkapi alat ini. Melalui model matematika, diketahui bahwa ditemukan bahwa alat tersebut dapat digunakan untuk mengkalkulasi posisi matahari, bulan, dan mungkin beberapa planet. Hal ini memungkinkan penggunaan perangkat sebagai kalender. Fungsinya sebagai kalender dapat digunakan untuk tujuan seperti berikut.

  • Sebagai kalender surya untuk penentuan hari dan bulan, seperti penggunaan zodiak pada masyarakat Babilonia.
  • Sebagai kalender suryacandra untuk penentuan bulan.
  • Sebagai penentuan kapan gerhana matahari dan bulan terjadi secara berkala.
  • Sebagai penentuan tahun-tahun digelarnya pesta olahraga antarmasyarakat Yunani (kini dikenal sebagai Olimpiade).

Baca: Penemu teknologi yang merubah dunia!

Lebih lanjut, Prof. Dr James Evans dari University of Puget Sound dan Prof. Christian Carman dari University of Quilmes, mempelajari cara dan mekanisme perangkat Antikythera dan mencoba menghitungnya dengan sistem aritmatika Babilonia.

Hasilnya, para peneliti menemukan bahwa orang orang Yunani kuno mampu memprediksi gerhana dan mampu membuat sebuah mesin yang kompleks pada zaman itu. Bahkan, perhitungan mereka juga dapat memprediksi anomali pada bulan dan matahari serta fenomena astronomi lainnya.

2 Komentar

  1. Wiiihh keren ternyata sudah dari jaman dulu ya, komputer itu ada walaupun masih sederhana sekali, manusia memamg di ciptakan oleh ALLAH SWT, sempurnah untuk memberi nama semua jenis tanaman dan benda benda yang ada di dunia dan menciptakan alat yang semakin hari semakin canggih, tpi terkadang manusia lupa bahwa di di ciptakan untuk mennari bekal di akhirat.. manusia ada yang menciptakan yaitu ALLAH.SWT, bukan kebetulan.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*