Hal Yang Harus Dihindari dan Yang Harus Dilakukan Kalau HP-mu Jatuh ke Air, Gak Perlu ke Konter!

Hadtech – Kini, sangat banyak vendor-vendor gadget yang merilis smartphone canggih yang telah dilengkapi dengan kemampuan waterproof (tahan air). Smartphone waterproof sangat bermanfaat pastinya, anda bisa mengambil gambar atau video didalam air dengan resolusi yang tetap keren, dan yang paling penting saat anda tidak sengaja menjatuhkan handphone anda kedalam air. Tapi, masih banyak juga smartphone atau ponsel konvensional yang tidak dirancang seperti itu, hal ini bisa menjadi awal petaka karena handphone anda bisa nge-blank ataupun kontak.

Sumber gambar: klik disini

Pada artikel ini, kami akan memberitahu tips untuk mengatasi handphone yang terkena air.

Jangan lakukan hal ini :

  1. Jangan panik.
  2. Jika kondisi handphone anda sudah mati, jangan langsung nyalakan ponsel. Hal tersebut berguna untuk mencegah kemungkinan terjadinya korsleting pada kabel atau komponen tertentu.
  3. Jika dalam kondisi hidup, jangan langsung menekan sembarang tombol
  4. Jangan mengguncang-guncang dan memiring-miringkan handphone, agar air tidak menyebar kedalam komponen yang mungkin belum terkena air.
  5. Jangan coba untuk mengeringkan handphone dengan alat yang berudara panas dan alat yang memiliki tiupan angin yang kencang (misalnya hairdryer), karena komponen tertentu sangat rentan dengan udara panas dan akan memperparah sebaran air pada komponen lain.

Langkah yang mesti dilakukan:

  1. Bagaimanapun keadaan handphone setelah terkena air, langsung matikan ponsel.
  2. Jika handphone tercebur kedalam air kotor atau air laut, bilas permukaan luarnya dengan air biasa. Karena air laut lebih berbahaya bagi perangkat elektronik. Bahkan smartphone waterproof pun tidak boleh terkena air laut.
  3. Setelah itu, lepaskan casing pelindung, keluarkan kartu dan microSD dari slotnya. Dan jika handphone anda menggunakan baterai lepas, cabut baterainya juga.
  4. Gunakan kain lap kering, tisu, atau handuk untuk upaya pengeringan, hindari gerakan mengguncang agar air tidak makin tersebar ke komponen lain.
  5. Jika air masuk ke area yang dalam, anda bisa menggunakan vacum penyedot air yang terdapat pada celah-celah yang sulit dijangkau.
  6. Timbun ponsel kedalam beras, karena beras akan menyerap cairan (dalam kondisi baterai dan kartu-kartu telah terlepas). Meski terkesan janggal, tapi hal ini merupakan metode umum untuk mengatasi gadget yang tercebur kedalam air.

Sumber gambar : klik disini

  1. Usahakan kondisi handphone dalam keadaan tertimbun semua, dan harus tetap tertimbun dalam kurun waktu 24 jam.
  2. Jangan buru-buru untuk menggunakan ponsel anda. Jika kondisinya terbilang parah, tunggu sekitar 1 atau 2 hari dan anda bisa memakai handphone cadangan untuk sementara sampai kira-kira handphone anda benar-benar pulih.
  3. Selama masa pengeringan, periksa apakah masih terlihat air yang tersisa. Untuk memastikannya, anda bisa mengeringkannya lagi didepan kipas angin ataupun jemur dibawah terik matahari
  4. Jika anda telah yakin handphone tersebut telah bersih, coba pasang kembali baterai dan nyalakan. Periksa respon layar sentuhnya, apakah masih berfungsi seperti sedia kala. Dan jangan lupa menghidupkan musik untuk memeriksa bagian speaker.
  5. Jika ponsel belum bisa nyala, coba cabut baterai dan nyalakan hanya dengan charger saja. Jika handphone nyala, maka baterai mengalami kerusakan, dan harus diganti dengan yang baru.

Nah, mudah-mudahan tips diatas sangat membantu kalian yaa, dan kemungkinan terburuk adalah jika masih belum nyala, langkah terakhir adalah bawa handphone anda ke lokasi service proffesional, karena kemungkinan handphone anda terpapar bahan kimia berbahaya atau tersegat aliran listrik. Dan upayanya adalah harus membongkar semua komponen handphone anda

baca juga : 4 Cara mengatasi laptop pc lemot saat browsing dan internetan

2 Trackbacks / Pingbacks

  1. AR Google Maps menambahkan petunjuk navigasi ke dunia nyata - Hadtech
  2. Cara Mengatasi Hp Lemot Saat Internet - Hadtech

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*