ini nomor pengaduan HOAX di aplikasi Whatsapp

Hadtech – WhatsApp menyediakan Nomor telepon khusus untuk melaporkan hoaks khususnya yang berkaitan dengan konten mis informasi. Dalam layanan ini WhatsApp bermitradengan Masyarakat Anti Fintah Indonesia (Mafindo).

“Hal ini dibangun atas komitmen WhatsApp, termasuk upaya kami mengurangi jumlah pesan yang dapat diteruskan hingga maksimal lima kali

yang ternyata dapat mengurangi 25 persen distribusi pesan terusan di WhatsApp,”

kata WhatsApp dalam keterangan pers, dikutip Minggu, 7 April 2019.

Sumber : klik disini

Nomor yang disiapkan adalah +62 855-7467-6701. Masyarakat dapat melaporkan berupa teks, video atau audio ke nomor tersebut.

Laporan tersebut akan membantu membuat arsip data Mafindo tentang penyebaran misinformasi selama periode pemilihan umum dan juga membantu jurnalis,

sehingga mereka dapat mempublikasikan informasi faktual untuk masyarakat indonesia.

WhatsApp tidak dapat membaca isi pesan yang dikirim karena enkripsi end-to-end yang disematkan di sistem mereka, hanya mengizinkan pengirim dan penerima pesan untuk membaca isi pesan tersebut.

Namun, WhatsApp bisa mendeteksi perilaku pengguna berkirim pesan jika terdapat aktivitas yang tidak wajar, misalnya meneruskan pesan ke banyak orang sekaligus.

Wakil Direktur Kebijakan Publik dan Komunikasi WhatsApp, Victoria Grand pada Januari 2019, mengatakan pembatasan pesan ini akan membantu melacak perilaku yang mencurigakan

“Mempersulit orang-orang yang kurang bertanggung jawab dalam meneruskan pesan,” kata Grand.

Berdasarkan data di WhatsApp, 90 persen pesan yang dikirim di aplikasi tersebut tergolong pesan pribadi, sisanya dapat berupa pesan yang lain.

Baca juga : CEO apple : teknologi diatur agar tak merusak masyarakat

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*