Tim cook akan memeriksa aplikasi asal saudi

Hadtech –  CEO Apple Tim Cook mengatakan  bahwa perusahaannya akan “memeriksa” aplikasi asal Arab Saudi yang mempermudah lelaki setempat mengawasi pergerakan istri dan anak perempuan mereka.

Nama aplikasi itu absher, diciptakan oleh Pusat Informasi Nasional, salah satu bagian dari Kementerian Dalam Negeri Arab Saudi dan didistribusikan oleh Apple dan Google. Sejauh ini, aplikasi absher terebut sudah diunduh lebih dari 1 juta kali lewat platform Google. absher

sumber : klik disini

Sebelumnya, Apple dan gogle dikritik karena dianggap membiarkan keberadaan Absher di toko aplikasi mereka. Absher dinilai memfasilitasi diskriminasi gender.

Aplikasi tersebut memungkinkan seorang laki-lali membuntuti gerak-gerik perempuan yang menjagi tanggung jawabnya sehingga bisa mencegah bepergian ke luar negeri.

Dalam deskripsinya, Absher mengklaim bahwa penggunanya “dapat dengan aman melihat profilnya sendiri, anggota keluarga mereka dan pekerja mereka serta menyediakan berbagai macam layanan online.”

Salah satu fitur yang sediain sama absher adalah mengirim peringatan kepada penggunanya bila salah satu perempuan tanggungan mereka berusaha menggunakan passport

Hal inilah yang disoroti secara tajam oleh kalangan yang mengkritik aplikasi tersebut. Fungsi tersebut dianggap memfasilitasi diskriminasi gender dan budaya patriarki di negara tersebut.

Organisasi advokasi hak asasi manusia internasional ini meminta Google dan Apple agar menghapus aplikasi tersebut setelah Business Insider menurunkan berita tentang keberadaan Absher

Absher pada dasarnya dirancang sedemikian rupa untuk mempermudah kehidupan lelaki Arab dengan menyederhanakan proses pengawasan terhadap perempuan yang sebelum harus melibatkan sejumlah berkas, menurut Human Rights Watch.

baca juga : AR Google Maps menambahkan petunjuk navigasi ke dunia nyata

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*